Jumat, 12 Juni 2015

Manfaat Mentimun untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Mentimun untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Darah tinggi adalah kondisi kesehatan yang bisa juga diwariskan secara genetika. Namun, Gaya hidup juga merupakan faktor terbesar pemicu penyakit ini. Banyak kalangan kesehatan barat yang mengatakan, bahwa darah tinggi adalah penyakit yang memiliki sifat ” silent Killer”. Hmm, kedengarannya tak berlebihan menurut Saya. Waspadailah, karena hal ini memang merupakan sebuah kenyataan. Darah tinggi tak akan menunjukkan gejala yang bisa dirasakan secara signifikan(tak menampakkan gejala), kecuali jika kondisinya sudah akut dan sulit dipulihkan. Darah tinggi yang sudah parah akan memicu beragam kondisi fatal berikutnya, gangguan jantung dan stroke. Oleh karena itu, periksakan kesehatan Anda, karena darah tinggi yang lebih cepat terdeteksi masih sangat mungkin untuk disembuhkan supaya segera normal kembali.
Manfaat Mentimun untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Manfaat Mentimun untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Advertisement
Bicara mengenai darah tinggi, yang kini pasiennya tak hanya terbatas pada orang tua. Obesitas adalah bisa dialami siapa saja yang mungkin memiliki gaya hidup tak sehat, merupakan salah satu faktor terbesar pemicu darah tinggi. Perilaku diet yang buruk, sebaiknya untuk segera dirubah. Makanan bisa menjadi sumber lemak jahat, natrium, atau pengawet yang bisa meracuni pembuluh darah dan menyebabkan hipertensi.

Ada banyak cara medis yang bisa dilakukan untuk menormalkan kembali tekanan darah, yaitu dengan cara pemberian obat obatan kimia. Namun jika kondisi tekanan darah tinggi Anda masih tergolong ringan, cobalah secara disiplin menggunakan cara alami dengan mengkonsumsi jus mentimun secara rutin. Sebenarnya masih banyak bahan alami lain yang bersifat dapat membantu menormalkan tekanan darah, namun dalam artikel ini, mari kita coba untuk menjelaskan manfaat mentimun untuk manfaat ini.

 Kenapa mentimun bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi?

Ada sebuah penelitian yang baru saja dilakukan baru-baru, yang menunjukkan bahwa makanan tinggi kalium, magnesium dan serat dapat mengurangi tekanan darah. Dengan dikombinasikan dengan diet yang sehat, makanan tersebut akan mampu menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 5 poin, serta tekanan darah diastolik sebesar 3,5 poin. Mentimun tidak hanya mengandung tinggi tiga nutrisi yang disebutkan diatas, ia juga merupakan sumber Vitamin A dan K, folat, asam caffeic, dan silika. Selain itu juga mengandung vitamin C, yaitu antioksidan kuat yang juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Rendah sodium
Salah satu alasan lain penggunaan mentimun untuk hipertensi adalah karena ia hanya sedikit mengandung sodium. Asupan sodium berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, serta menyulitkan untuk diturunkan kembali. Dengan demikian, membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mentimun adalah pilihan yang tepat.

Mengandung kalium
Kalium merupakan mineral yang sangat penting untuk mengontrol tekanan darah. Mentimun adalah sumber terbaik kalium, yaitu menyediakan sekitar 442 mg kalium. Asupan kalium yang direkomendasikan setidaknya adalah 4.700 mg per hari. Selain itu, Sayuran lain dan berbagai jenis buah-buahan, kacang-kacangan , ikan dan yogurt juga merupakan sumber kalium yang baik. Baca juga: Kegunaaan kalium bagi kesehatan manusia, disini

Kontrol berat Badan
Mentimun sangat baik untuk membantu mengurangi kelebihan berat badan atau obesitas, karena faktor darah tinggi Anda mungkin karena akibat kegemukan. Jika Anda berhasil menurunkan berat badan menjadi normal, makan kemungkinan besar darah tinggi yang Anda alami juga akan membaik.  Mentimun plusn kulit, dengan berat 301 g atau hampir 11 on hanya mengandung 45 kalori. Lebih dari 95 persen dari berat mentimun adalah air, yaitu yang merupakan nutrisi bebas kalori yang dapat menekan nafsu makan alami

Sumber Manfaat Mentimun untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Manfaat buah daun